Jumat, 18 Januari 2013

Toksoplasma merengut rahimku


Ini adalah cerita 30 tahun yang lalu. Pada saat itu, saya dan keluarga sangat menyenangi kucing, terutama kakak pertama saya. Kami memelihara sekitar 15 ekor kucing yang pada saat itu beberapa kucing betina kami sedang hamil.
Setelah melahirkan, jumlah kucing pun bertambah. Seiring berjalannya waktu, kucing kami berkurang, mulai dari yang tertabrak kendaraan, jauh ke sungai, atau karena memang sudah tua.
Saat pernikahanku, aku berniat memeriksakan kandunganku. Alangkah kagetnya ketika mengetahui bahwa aku menderita mandul karena Toksoplasma. Ibuku sangat sedih mendengarnya. Perasaan kecewa pun datang, sangat kecewa. Terutama, besok adalah hari pernikahankua. Kakak pertamaku menyesal atas semua kejadian itu.
Tidak lama kemudian, saat ku pergi memeriksakan kandunganku lagi, justru aku yang malu. Toksoplasma yang ku idap ternyata bukan dari kucing, melainkan dari sayuran yang ku makan. Ku akui kaku seorang vegetarian, yang sangat senang memakan makanan yang terbuat dari sayuran. terutama KAREDOK. Ternyata, karedok yang selama ini aku konsumsi, mengandung Toksoplasma. Heran, karena bukan hanya aku yang mengkonsumsinya, tapi setelah ku selidiki, ternyata kebun mini yang ku buat di halaman belakang rumahku tercemar oleh virus tersebut. Kebun mini itu selain tercemar Toksoplasma, juga tercemar oleh pestisida, dan pupuk anorganik, yang justru membuat tanahnya menjadi lebih berbahaya. Dan yang paling parah, yang mengkonsumsi sayur tersebut hanyalah diriku.
Kejadian ini membuatku idak memiliki keturunan. Tapi, membuatku sadar bahwa segala sesuatu yang berlebihan hanyalah akan membuat kita celaka. Tujuanku menggunakan pupuk itu hanyalah agar tanaman sehat dan bebas hama. Tapi yang ku dapat, tanah menjadi rusak, sayur menjadi berbahaya, dan aku tidak memiliki keturunan seperti pasangan lain yang berbahagia dengan keturunan mereka.



di kutip dari kisah nyata seorang istri di keluarga besarku.
(By : Dallia Rahmatia & Deni Nurdiansyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar